Image default
Peristiwa

5 Pesan untuk PPK, Agar Tak Terulang Temuan BPK

Terulangnya setiap tahun adanya temuan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), membuat Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang, A. Koswara MP (DBMPR) prihatin.

Penyebab temuan mungkin karena kecerobohan, salah perhitungan atau kurangnya pengetahuan atau mungkin masalah pengawasan.

Untuk itulah dalam pertemuan dengan para Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) di lingkungan DBMPR yang dihadiri Kepala Bidang dan Kepala UPTD, Selasa (21/7) di Ruang Rapat Adibima. Kadis meminta PPK  sebagai ujung tombak kegiatan dari A-Z, dari perencanaan, lelang sampai pelaksanaan harus berhati-hati agar tidak terlibat dalam masalah.

“Bila dalam suatu kegiatan ada yang tidak/kurang difahami, mungkin masalah manajemen, teknik/pengetahuan, administrasi atau komunikasi,  langsung tanyakan ke atasan atau ke saya langsung,”ujar Kadis.

Menyikapi hasil temuan BPK, Kadis menyampaikan 5 pesan.

  1. Sikapi hasil temuan BPK dengan mengevaluasi semua proses, agar tidak terulang.
  2. Tindak lanjuti hasil temuan tersebut.
  3. Untuk kegiatan yang dialihkan dari 2020 ke 2021. PPK harus melakukan pemeriksaan kembali terhadap semua perencanaan, mulai RAB, SPK dll.
  4. Semua PPK harus terus meng-Up grade baik sisi teknis/pengetahuan atau adminitrasi. “Pelatihan apa yang perlu, tinggal minta”.
  5. Buat tim yang Solid. Saling mengingatkan, jangan sampai semua terkena masalah dari perilaku seseorang.

WASPADA JANGAN SAMPAI

“KITA TIDAK MAKAN NANGKA, TETAPI TERKENA GETAHNYA”.

Artikel Terkait

Kunjungan ke KBU, untuk Samakan Persepsi Dahulu

dinamika

Rapat RTRW, Dikebut, Kejar Rekomgub

dinamika

Semua Sudah Melangkah

dinamika