Image default
Peristiwa

Fly Over Jalan Jakarta – Jalan Supratman Siap Kurangi Kemacetan

Masih inget ucapan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil yang akrab dipanggil Kang Emil, saat groundbreaking  Pembangunan Fly Over (FO)  alias lalan laying antara Jalan   Jakarta dan Jalan Supratman, pada 2 September 2019 lalu.  Pembangunan Fly Over  ini akan menimbulkan kemacetan . “Warga mohon bersabar, semua indah pada waktunya, riweuh heula,” kata Kang Emil.

Sebentar lagi “suasana indah” akan segera terwujud,  Fly Over   Jalan Jakarta-Jalan Supratman di Kota Bandung sudah bisa dilalui kendaraan hanya  tinggal memasang marka jalan  dan penyempurnaan di beberapa bagian.  “ FO Jalan Jakarta-Jalan Supratman tengah dilakukan perapihan berupa pengecatan, pemasangan marka jalan, dan penyelesaian kecil lainnya,” Ujar Kepala UPTD III Bandung , Rukhiyat.

Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (BMPR) Provinsi Jawa Barat, A. Koswara MP, mengatakan rencana pengujian jalan layang baru tersebut telah disusun bersama Polrestabes Bandung. Untuk uji coba Fly Over   Jalan Jakarta-Jalan Supratman akan dilakukan awal Desember selama lima-delapan, kendaraan bisa melewati jalan layang tersebut.

Hal senada diungkap Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandung, Ricky Gustiadi

pembahasan itu dilakukan juga bersama Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polrestabes Bandung.

Menurutnya dalam uji coba itu pihaknya memiliki sejumlah model arus lalu lintas yang bakal digunakan ketika fly over itu diuji coba. “Bakal ada alternatif satu dua dan tiga, tentunya nanti yang terbaik akan kita uji coba,” ujarnya

Baik Fly Over Jalan Jakarta-Jalan Supratman maupun Fly Over Jalan Pelajar Pejuang-Jalan Laswi pembangunan harus selesai tanggal 24 Desember sesuai kontrak . Untuk peresmiannya masih dibahas.

Sebagai informasi . Jalan Layang Jakarta-Supratman dibangun melintas di atas Jalan Ahmad Yani. Fly over ini memiliki panjang total 500 meter, bagian jembatannya sepanjang 40,9 meter, dan lebarnya 9 meter dengan  anggaran Rp 42 miliar yang dibagi dalam dua tahap.

Sementara Pembangunan Fly Over Jalan  Laswi-Jalan Pelajar Pejuang yang melintasi Jalan Gatot Subroto dengan anggaran Rp 35,9 miliar yang dibagi dalam 2 tahap  Fly Over Jalan  Laswi-Jalan Pelajar Pejuang ini memiliki panjang total 520 meter, bagian jembatan 36 meter, dan lebar 9 meter.

Kedua Fly over ini berfungsi mengurai kepadatan lalu lintas dan antrean di masing-masing simpang. Kepadatan lalu lintas pada pagi dan sore hari ini biasanya terjadi seiring dengan berkembangnya perumahan di kawasan timur Bandung.

Biasanya kalau ada Fly Over, sering dipakai “Wisata Selfie”, berharap tidak selfie di atas tapi di bawah saja dengan latar belakang Fly Over untuk menghindar kecelakaan. Mari Jaga keselamatan dengan mentaati atruan lalu lintas, mari jaga Kesehatan dengan menerapkan Protokol Kesehatan.

Artikel Terkait

Tali Kuat, Kendalikan Mutu dan Kinerja

dinamika

Empat Instansi Meninjau Penerapan “Andalalin”

dbmtr uptd2

Membuka Akses JTS

dinamika