Image default
Peristiwa

Gubernur Lantik Kepala DBMPR Jabar Baru

Setelah menunggu enam bulan sejak Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat (DBMPR Jabar), M. Guntoro, memasuki masa purna bakti, Gubenur Jawa Barat, M. Ridwan Kamil (Kang Emil), melantik A. Koswara sebagai Kepala DBMPR Jabar baru bersama delapan kepala dinas dan lima kepala biro di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat di Gedung Sate, Bandung, Rabu (6/3).

Ridwan Kamil  mengatakan, 14 pejabat yang akan membantu tugasnya tersebut terdiri atas sepuluh laki-laki dan empat perempuan. Sebagian besar berasal dari internal Pemprov Jabar.  Rinciannya, sembilan pejabat dari internal dan lima dari eksternal Pemprov Jabar. Pejabat yang berasal dari luar adalah satu dari Kalimantan, satu dari DKI, dan dua dari Pemerintah Kota Bandung.

Gubernur menargetkan, dalam 100 hari harus ada gebrakan-gebrakan di level dinas. Mereka juga diharapkan bisa membantu membereskan urusan-urusan yang tertunda, khususnya lelang barang dan jasa.

Seluruh pejabat yang dilantik telah melewati proses lelang jabatan secara terbuka yang dilaksanakan panitia seleksi (pansel). Proses lelang jabatan melalui tahap cukup panjang  sejak November 2018, lantaran Kang Emil ingin mendapat pejabat yang kompeten dan punya kapasitas.

Untuk proses lelang jabatan, Gubernur tidak melakukan intervensi. «Saya tidak tahu siapa tiga besarnya, karena semua diserahkan ke pansel. Setelah tiga besar, baru ada proses diskresi karena harus ada chemistry,” kata Ridwan Kamil.

Untuk calon terpilih, Kang Emil pun mendapat masukan analisa dari Badan Intelejen Negara (BIN), Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), serta Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), sehingga mempengaruhi proses penilaian akhir. Juga  ada catatan-catatan lain yang dipertimbangkan.

“Catatan itu lebih kepada opini dari sesama PNS. Misalkan kandidat yang bersangkutan kurang gesit atau tidak fokus. Jadi, hal itu diingatkan pada mereka yang terkena catatan penilaian koleganya, bukan catatan dari dalam lembaganya,” ucap Gubernur, sembari menambahkan, “Melalui pelantikan ini, saya ingin mendudukkan proses karier ASN sesuai aturan dan kompetensi.” (Wawan / DK)

Artikel Terkait

Kadis DBMPR menerima Audiensi Penjabat Kabupaten Sumedang

dinamika

HUT Kemerdekaan Ingatkan Proses Panjang Terbentuknya NKRI

dinamika

Rapat Divisi Konstruksi dan Properti Tim Pemulihan Ekonomi

dinamika