Image default
Peristiwa

Gubernur Mengusulkan, Menteri Mempertimbangkan

Bukan hanya masalah Virus Corona (Covid-19) yang menjadi konsentrasi Gubernur Provinsi Jawa Barat, yang Alhamdulillah bisa ditekan penyebarannya.

Selain itu yang menjadi konsen adalah masalah pengamanan Aset Provinsi khususnya tanah yang tersebar di seluruh wilayah Jawa Barat. Mengamankan aset cukup berat, “Untuk itu saya mengusulkan agar aset yang sudah jelas aset negara agar diterbitkan sertifikat sementara,” ujar Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, yang disampaikan pada acara Rapat Koordinasi Gugus Tugas Reformasi Agraria oleh Kementerian ATR/BPN, Selasa (21/5) di Trans Hotel Bandung.

Reformasi Agraria penting  dilakukan untuk keadilan sosial. “Kekayaan  Indonesia dikuasai 1 persen penduduk dimana nilainya 50 persen lebih,” ujar Gubernur yang dipanggil Emil.

Satu yang dikuasai adalah tanah baik berupa HGU, HGB yang kadang tidak produktif hanya tumbuh alang-alang.

“Dengan Reformasi Agraria diharapkan bisa dijadikan produktif jika dikelola oleh masyarakat dan Pondok Pesantren,’ ungkap Emil, dalam acara yang  dihadiri Wakil Menteri ATR/BPN, Surya Tjandra, Sekda Pempro.Jawa Barat,  beberapa Bupati/ ,Walikota, Asda dan OPD terkait di lingkungan Pemprov Jabar, termasuk Kadis Binamarga dan Penataan Ruang ( DBMPR), A. Koswara MP,  sementara  Menteri ATR/BPN, Sofyan Djalil,hadir secara Virtual.

Diawal sambutan pembukaan , Emil menyinggung masalah ketimpangan kucuran APBN ke  Pemprov. Jawa Barat yang  lebih kecil dari Jawa Tengah dan Jawa Timur, padahal penduduk nya paling besar, demikian pula dengan dana desa, karena desa Jawa Barat lebih sedikit ” Kalau pertimbangannya jumlah pemkab/kota, maka perlu pemekaran wilayah dari 27 menjadi 40, demikian jumlah desa perlu dimekarkan,” sebut mantan Walikota Bandung ini. Menanggapi atas apa disampaikan Gubernur Jawa Barat, Menteri Sofyan Djalil, akan mempertimbangkan masalah sertifikat sementara karena cukup menarik, demikian masalah ketimpangan  APBN.

Acara pembukaan tersebut  ditutup dengan pemberian kenang-kenangan dan foto bersama.

Artikel Terkait

Kepala DBMPR Jabar Hadiri Rapat di Kantor Staf Kepresidenan

dinamika

Kunker Kadis DBMPR Dukungan Bagi Pembangunan Infrastruktur di Kabupaten Sumedang

dinamika

Gerakan Nasional Pemulihan DAS Citarum 2019

dinamika