Image default
Horizon

Haruskah Bangun Pagi ….. Dan Berolah Raga?

MUNGKIN sampai saat ini masih ada yang malas untuk bangun pagi. Apalagi ditambah mesti  berolah raga. Jangankan olah raga pagi, beranjak dari kasur pun sangat sulit. Ditambah udara dingin, maka membuat kian malas untuk bangun. Dan, lebih memilih melanjutkan tidur.

Mulai sekarang, cobalah untuk meninggalkan kebiasaan tersebut. Mulailah untuk membangun kebiasaan bangun pagi dan berolah raga. Pasalnya, banyak manfaat yang akan didapat dari kebiasaan bangun pagi dan dilanjutkan berolah raga. Ternyata, olah raga pagi sangat bagus untuk menghindarkan diri dari ancaman stress akibat tekanan kehidupan yang cukup berat. Selain stress, masih banyak manfaat berolah raga pagi.

  1. Meningkatkan Metabolisme

Sejumlah studi menunjukkan, olah raga pagi hari dapat meningkatkan metabolisme dan mempertahankannya sepanjang hari. Maksimalkan peningkatan metabolisme Anda dengan weight training ketika latihan pagi. Angkat beban merupakan metode yang telah terbukti baik untuk meningkatkan metabolisme tubuh.

  1. Pikiran Jadi Segar

Mungkin olah raga adalah kegiatan yang paling terakhir terlintas untuk dilakukan setelah bangun pagi, karena rasa malas atau alasan lainnya. Namun, justru olah raga pagi dapat membuat pikiran lebih jernih dan segar. Semangat Anda pun akan lebih terjaga setelahnya. Apalagi yang lebih baik dari bangun pagi dengan otak yang jernih dan tubuh bersemangat? Latihan fisik jauh lebih efektif untuk menaikkan ketajaman indra daripada menekan tombol “snooze”.

  1. Membakar Lebih Banyak Kalori

Beberapa studi mengungkapkan, mereka yang olah raga di pagi hari membakar kalori lebih banyak dibandingkan sore atau malam hari. Alasannya, Anda cenderung menghabiskan waktu lebih lama dan punya lebih banyak energi di pagi hari, karena tenaga belum banyak terkuras. Sementara di akhir hari, biasanya Anda sudah memakai cukup banyak tenaga untuk bekerja dan aktivitas lainnya, sehingga energi yang tersisa tak sebanyak ketika bangun di pagi hari. 

  1. Menguatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Olah raga pagi akan membuat tubuh terpapar hangatnya sinar matahari pagi yang banyak mengandung vitamin D, yang bermanfaat untuk kesehatan dan sistem kekebalan tubuh. Vitamin D yang didapat dari sinar matahari, di dalam tubuh diolah menjadi antibodi yang berguna untuk menangkal penyakit. Waktu yang tepat untuk mendapatkan sinar matahari pagi adalah di bawah pukul 9 pagi. 

  1. Menghilangkan Rasa Sakit Kepala

Apakah Anda termasuk yang sering mengalami sakit kepala atau sering mengalami pusing? Jika iya, tak ada salahnya untuk mulai melakukan kebiasaan olah raga pagi. Ternyata dengan rutin berolah raga pagi, hal itu dapat membantu untuk menghilangkan timbulnya rasa sakit kepala atau pusing.

  1. Mencegah Penyakit Alzheimer

Sebuah studi penelitian di University of South Carolina berhasil menemukan fakta bahwa latihan treadmill dan jogging di pagi hari mampu meningkatkan kekuatan otak. Selain itu, otak menjadi lebih tahan terhadap kelelahan dan terhindar dari penyakit Alzheimer.

  1. Menyehatkan Jantung

Olah raga pagi dapat mempengaruhi aktivitas jantung. Dengan meningkatnya hormon adrenalin saat berolah raga pagi dapat membuat jantung berdetak lebih cepat. Hal ini baik untuk menjaga fungsi jantung. Namun, jika Anda memiliki penyakit jantung, sangat penting untuk mendiskusikannya terlebih dulu dengan dokter terkait olah raga pagi. Pasalnya, penelitian menunjukkan, aktivitas jantung yang berdetak terlalu kencang dapat menimbulkan nyeri di dada.

  1. Memperlambat Penuaan

Salah satu manfaat olah raga adalah meningkatkan metabolisme tubuh. Penelitian menunjukkan, pertumbuhan sel-sel baru akan lebih cepat dan sel-sel tua akan mati dengan gerakan-gerakan yang dilakukan saat berolah raga. Oleh karena itu, para pakar meyakini bahwa dengan berolah raga dapat membantu untuk mengganti sel-sel yang sudah tua untuk kemudian diganti dengan sel-sel baru.

  1. Terhindar dari Risiko Obesitas

Manfaat olah raga lainnya untuk menghindari dari ancaman obesitas. Sebuah studi tahun 2012 dilakukan dengan mengukur kondisi tubuh wanita setelah berolah raga pada pagi hari. Studi tersebut melibatkan 35 sampel, dengan 17 sampelnya tergolong memiliki tubuh ideal dan 18 sampel lainnya obesitas. Selanjutnya, sampel diminta untuk melakukan jalan cepat sekitar 45 menit. Saat selesai melakukannya, ternyata mereka yang berolah raga tidak merasa berselera ketika diperlihatkan foto-foto makanan yang mengunggah selera dibandingkan orang yang tidak berolah raga.

  1. Semangat Sepanjang Hari

Menjalani hari-hari dengan penuh semangat tentu sangat menyenangkan. Dengan rutin olah raga pagi, tubuh akan melepaskan hormon endorfin yang mampu meningkatkan mood dan energy, sehingga lebih semangat. Kondisi tersebut dapat berlangsung dari pagi hingga sore hari selama beraktivitas. Jika ingin terus semangat, maka berolah ragalah.

  1. Kualitas Tidur Meningkat

Penelitian yang dilakukan Lara Carlson, Ph.D., di American College of Sport Medicine, mengungkapkan, mereka yang berolah raga pagi hari memiliki tekanan darah rendah dan tidurnya lebih nyenyak. Selanjutnya, menurut pakar kebugaran dan ahli gizi dari Royal Kansas City, Mitzi Dulan, RD., CSSD., ada manfaat lain yang akan didapat jika membiasakan diri berolah raga di pagi hari sebelum beraktivitas, yakni akan tidur lebih lelap sepanjang malam.

Nah, masih enggankah bangun pagi, lalu dilanjutkan dengan berolah raga pagi …..? (Arya / DK – dari berbagai sumber)

Artikel Terkait

Sukseskah Ramadhan Kita?

dinamika

KM 0 Tonggak Sejarah Kota Bandung

adm1n@Web

Pascalebaran Mampukah HIKMAH Ramadhan Tidak bubaran?

dinamika