Image default
Peristiwa

Jajaran DBMPR Jabar Artworks Study ke Maroko

KEPALA Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat (DBMPR Jabar), A. Koswara MP, didampingi Kepala Bidang Jasa Konstruksi sekaligus Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) Proyek Pembangunan Masjid Raya Provinsi Jawa Barat, Barmansyah Bursyah, serta sejumlah jajaran DBMPR Jabar lainnya mengadakan kunjungan Artworks Study ke Masjid Hassan II di Kota Casablanca, Maroko, mulai Minggu (27/10).

Studi banding itu terkait pembangunan Masjid Raya Al-Jabbar di kawasan Gedebage, Bandung, yang tengah dalam proses pengerjaan. Menurut Koswara, dari kunjungan rombongan DBMPR Jabar ke Maroko banyak hal yang bisa dijadikan referensi untuk penyelesaian pembangunan Masjid Al-Jabbar.

Masjid Hassan II yang di bangun arsitek asal Perancis disebut sebagai masjid terbesar kedua setelah Masjidil Haram di Kota Mekkah. Lebih dari 6.000 seniman Maroko dipekerjakan pada proyek pembangunan masjid yang dibangun sejak awal tahun 1980 itu.

Pembangunan Masjid Raya Al-Jabbar sendiri pada tahun 2019 ini memasuki tahap II. Pengerjaannya antara lain pembuatan interior untuk ma’rod. Sementara pada tahun 2020 mendatang bakal dilaksanakan pembangunan tahap III. Termasuk di antaranya pembuatan ma’rodh (museum). Ditargetkan akhir tahun 2020, Masjid Al-Jabbar sudah bisa dipakai sholat berjamaah. (bima utama jabar)

 

Artikel Terkait

Expose Materi Teknis RDTR

dinamika

Raker Komisi IV DPRD – DBMPR Jabar

dinamika

Kopdar Menuju Jawa Barat Berbudaya Tangguh Bencana

dinamika