Image default
Peristiwa

Koordinasi dan Kepedulian Dukung Program Citarum Harum

Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum mulai dari hulu Di situ Cisanti kaki Gunung Wayang sampai paling hilir di Muara Gembong Kab. Bekasi, sudah mengalami kerusakan berat. Penyebabnya, selain karena penyalahgunaan fungsi lahan sepanjang DAS, juga pembuangan limbah ke sungai.

Hal ini diungkapkan Hendra Wardhana, dari Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (DBMPR) Provinsi Jawa Barat, pada seminar bertema “Ketidaksesuaian Pemanfaatan Tanah Daerah Aliran Sungai Citarum dari Aspek Alih Fungsi lahan dan Perizinan”. Kegiatan ini diselenggarakan bersama lembaga riset Academic Leadership Grant, Fakultas Hukum Universitas Padjajaran, Rabu (9/10) di UTC Jl. Dago 4 Bandung.

Program Citarum Harum yang digagas presiden Joko Widodo ini, memang sudah berjalan, untuk merevitalisasi serta memperbaiki dampak kerusakan lingkungan yang cukup parah di DAS Citarum. Program ini sudah memiliki payung hukum, yakni Peraturan Pemerintah (PP) No. 15 tahun 2018 dan didukung peraturan Gubernur (Pergub) No. 28 tahun 2019. Maka, penanganan Sungai Citarum sudah dilakukan secara terkoordinir yang melibatkan seluruh elemen masarakat, mulai dari Tentara Nasional Indonesia (TNI), akademisi, praktisi hingga komunitas di masyarakat. Bahkan, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menargetkan air Sungai Citarum sudah dapat diminum, di akhir masa kepemimpinannya kelak.

Menurut Hendra, DBMPR yang masuk Kelompok Kerja (Pokja) VI, telah menyusun rencana program sesuai kewenangan, untuk mendukung terealisasinya target Program Citarum Harum. Ia pun menambahkan, koordinasi antara pemerintah pusat, provinsi dan kabupatan/kota yang terlewati DAS Citarum sudah semakin baik dalam penanganan revitalisasi Sungai Citarum. Meski begitu, program ini hanya akan berjalan sukses, jika kesadaran dan kepedulian masyarakat sudah tinggi terhadap peletarian lingkungan, khususnya di wilayah Sungai Citarum.

Artikel Terkait

URC Bekerja dalam Segala Kesempatan

dinamika

Rapat RTRW, Dikebut, Kejar Rekomgub

dinamika

Rapat Koordinasi Substansi Ranperda Revisi RTRW Propinsi Jawa Barat

dinamika