Image default
Peristiwa

Kunjungan ke KBU, untuk Samakan Persepsi Dahulu

Kawasan Bandung Utara ( KBU) memang memiliki kontur geografis yang menarik apalagi ditambah dengan cuaca sejuk sehingga sudah lama dijadikan tempat peristrahatan. Tetapi perkembangn pembangunan di KBU makin mengkhawatirkan, karena merusak lingkungan yang mengancam terjadinya bencana longsor , banjir , pencemaran/polusi dan berkurangnya pasokan air  ke Cekungan Bandung

Sejak tahun 2004 pembangunan di KBU yang secara administratif berada di bawah 5 pemerintahan kabupaten/kota,  mulai mendapat perhatian serius dan ijin pembangunan mulai dikendalikan. Sekarang segala bentuk pemakaian lahan di KBU harus mendapatkan Rekomendasi Gubernur ( Rekomgub). Tahun 2020 ada beberapa permohonan Rekomgub untuk beberapa pembangunan di KBU, mulai hotel, rumah tinggal, wisata alam dan lainnya.

Beberapa kali Tim Koordinasi Penataan Ruang Daerah (TKPRD) mengadakan Rapat Pleno di Gedung Sate dipimpin KetuaTKPRD, yang juga Sekda Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Setiawan Wangsaatmadja didampingi Sekretaris TKPRD , A. Koswara MP. yang merupakan Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (BMPR).

Dalam rapat pleno yang dihadiri oleh semua Organisai Perangkat Daerah (OPD) yang masuk dalam tim TKPRD Provinsi Jawa Barat baik secara langsung maupun virtual. Banyak terjadi diskusi dan masukan dari OPD untuk setiap permohonan, terutama dari Dinas lingkungan hidup, Kehutanan, Pertanian , Sumber Daya Air,

Untuk melihat kondisi lahan yang akan dibangun oleh pemohon dan melihat kondisi KBU secara umumnya.  Kepala Dinas BMPR mendampingi Sekda  melakukan kunjungan lapangan ke beberapa lokasi dan melihat kondisi KBU .

Sekda memberikan arahan ditiap lokasi mengenai pentingnya menjaga lingkungan hidup tetap lestari, tidak membuat sampah, menjaga lahan tangkapan air dan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi.

Diakhir acara sidak, yang dihadiri juga. Kepala Dinas Kehutanan, Kepala DPMPTS dan Kepala Satpol PP dan.beberapa staf dari Dinas TKPRD, Sekda menjelaskan bahwa tujuan acara ini untuk.memyamakan persepsi dan konsolidasi OPD mengenai pemanfaatan KBU, sebelum Rekomgub dikeluarkan. Semua harus satu pandangan, apa manfaatnya jika rekomgub.dikeluarkan. Adakah dampaknya terhadap lingkungan. Bila sudah satu pandangan,maka itulah yang akan dipakai mengedukasi masyarakat.

Artikel Terkait

Syukur dan Siap Mengisi Kemerdekaan RI

dinamika

Rapat Pokja TR-TKPRD Jawa Barat

dinamika

TKPRD Jabar Gelar Rapat di Gedung Sate

dinamika