Image default
Peristiwa

Ma’rod Al-Jabbar Selesai Dirancang

Pembangunan Masjid Raya Provinsi Jawa Barat, Al-Jabbar di Cimincrang, Gede Bage Bandung, akan memasuki tahap ke-3. Tahap ini merupakan fase terakhir pembangunan konstruksi. Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menargetkan, awal 2021 masjid sudah bisa digunakan untuk sholat berjamaah.

Seiring dengan pembangunan tahap-3, sudah selesai pula rancangan pembuatan desain interior untuk Ma’rod beserta isinya, oleh Konsultan desain interior. Hasil rancangan ini dipaparkan dalam Presentasi Executive Summary, Rabu (11/3) di ruang Malabar Gedung Sate Bandung.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Ketua Harian tim koordinasi pembangunan ruang pameran Masjid Al-Jabbar yang juga Asisten Daerah bidang ekonomi dan Pembangunan, Eddy Nasution; dan Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (DBMPR) Provinsi Jawa Barat , A. Koswara MP. Selain itu, hadir jajaran bidang Jasa Konstruksi, perwakilan Disbudpar, Inspektorat Wilayah, Biro kerja sama serta tim konsultan dan perwakilan budayawan.

Setelah melihat paparan, Eddy berharap selain jadi destinasi wisata religi, Masjid Al-Jabbar menjadi bagian dari syiar Islam. “Agar isinya benar-benar akurat, coba dicari dan digali dari berbagai sumber,” ujar Eddy.

Dia pun meminta, Ma’rod harus dapat dinikmati dan menarik semua generasi, termasuk kaum millennial maupun kidz zaman now. Untuk itu, Eddy meminta supaya penggunaan teknologi informasi dimaksimalkan sehingga tidak monoton. “Jadi, pengunjung yang sudah melihat tersentuh hatinya makin mencintai Islam,” tutur Eddy.

Untuk konten di ruang pamer abadi, berisi sejarah perjalanan hidup Rasulullah. Mulai dari sejarah ka’bah hingga perkembangan Islam di dunia dan Indonesia. Eddy menugaskan biro kerja sama untuk menjajaki kegiatan kerja sama dengan pihak di Arab Saudi.

Sementara Disparbud ditugaskan untuk membuat daftar budaya Islami di seluruh Jawa Barat, untuk ruang pamer temporer. “Buat pertemuan dengan budayawan atau seniman untuk meminta masukan,” tambah Eddy.

Sementara Kadis BMPR diperintahkan membuat anggaran untuk biaya operasional pemeliharaan masjid jika sudah mulai digunakan nantinya. (DK)

Artikel Terkait

Konversi Lahan Perhutani , Siapkan Pengganti Dan Rencana Alokasi Lahan

dinamika

Gerakan Nasional Pemulihan DAS Citarum 2019

dinamika

Rapat Divisi Konstruksi dan Properti Tim Pemulihan Ekonomi

dinamika