Image default
Peristiwa

Pemprov Jabar Miliki Sekda Baru

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil resmi melantik Setiawan Wangsaatmaja sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat, Jumat (14/2/) di Gedung Sate, Jl. Diponegoro Bandung. Tampak hadir diantaranya Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (DBMPR) Provinsi Jawa Barat, A. Koswara MP.

Pelantikan ini berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI Nomor 31/TPA Tanggal 30 Januari 2020 Tentang Pengangkatan Pejabat Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jabar. Proses seleksi Sekda Jabar sudah melalui prosedur yang sesuai dengan regulasi. Proses seleksi melalui prosedur ketat dan kompetitif, dimana keputusan akhir hasil seleksi ada di tangan Presiden Joko Widodo (Jokowi).“Semua yang ikut seleksi merupakan orang-orang terbaik,” ungkap Ridwan Kamil, yang akrab dipanggil Emil.

Emil meminta Sekda Jawa Barat yang baru untuk fokus menjalankan tugas dan tidak terlibat dalam politik praktis. “Seorang sekda harus punya pemahaman untuk kepentingan pembangunan, bukan politik praktis. Tidak boleh ada ASN (Aparatur Sipil Negara-red), yang melakukan politik praktis selain gubernur dan wakil gubernur,” tegas Emil.

Terkait pekerjaan, Emil menitipkan 3 hal, yakni integritas, pelayanan publik dan profesionalisme. Emil berharap tak ada lagi pelanggaran integritas ke depannya apalagi sampai terjadi Operasi Tangkap Tangan (OTT). Ia pun berpesan Sekda harus mengedepankan pelayanan publik dan menjadi tempat menyampaikan segala masalah. Sekda pun harus mampu bersikap profesionalisme, menjadi pemimpin paling cerdas, pintar dan inovatif. “Penduduk Jabar adalah seperlima penduduk Indonesia yang hampir 50 juta jiwa. Pak Sekda harus menjamin kelancaran pelayanan kepada masyarakat dengan jumlah yang besar,” ucapnya.

Emil pun berpesan untuk selalu amanah, karena jabatan hanya titipan. Ia berharap para pejabat khususnya di lingkungan Pemprov Jabar dapat mengakhiri jabatannya dengan Husnul Khotimah.

Setiawan Wangsaatmaja terpilih setelah melalui proses open bidding (seleksi Terbuka) bersama dua kandidat lainnya , yaitu Dedi Taufik (Kepala Disparbud Provinsi Jawa Barat) dan Yerri Yanuar (Kepala BKD Provinsi) yang diajukan kepada Presiden Jokowi.

Sebelumnya, Setiawan pernah bekerja di lingkungan Pemprov Jawa Barat dan menjabat sebagai Kepala Badan Pengelola Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD). Tahun 2013, ia diangkat sebagai Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian Penertiban Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan/RB). (DK/Wawan)

Artikel Terkait

Pembangunan Infrastruktur Tak Dibatasi Kewenangan

dinamika

URC Bima Sakti Konektivitas Transportasi Terintegrasi

dinamika

Pre Constructions Meeting, Bicarakan Hal Penting

dinamika