Image default
Peristiwa

Percepat Pulihkan Ekonomi, Pemprov Jabar Siapkan Paket Pekerjaan untuk UMKM dan Padat Karya Bidang Konstruksi

Pandemi Virus Corona (Covid-19) berdampak pada semua aspek dan semua bidang, termasuk bidang jasa konstruksi. Ada puluhan ribu perusahaan konstruksi yang menaungi ribuan pekerja, terutama yang menengah ke bawah kolaps bahkan bangkrut.

Untuk itu dalam rangka pemulihan (recovery) roda ekonomi khususnya bidang jasa konstruksi, Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (DBMPR) Provinsi Jawa Barat, dimana Kepala Dinas BMPR,  Ir. A Koswara MP,  menjadi Ketua Divisi Konstruksi dan  Proverti Komite Kebijakan Pemulihan ekonomi , mengeluarkan kebijakan untuk memberikan kesempatan pada perusahaan jasa konstruksi menengah kecil (UMKM)  memperoleh paket-paket pekerjaan dan mengadakan paket pekerjaan yang bersifat padat karya.

Rapat perencanaan paket-paket pekerjaan bidang jasa Konstruksi, berlangsung, Kamis (8/10) secara virtual (Zoom Meeting ) di ruang rapat Kadis BMPR yang  memimpin rapat tersebut. Hadir secara virtual dalam pertemuan, antara lain,  Kepala Biro Pengadaan Barang/Jasa, Dr. Ika Mardiah, M. Si.  dan Aan Heryadi Zulhadi S.T., M.T.,  Bagian Pengelolaan Pengadaan Barang/Jasa, serta Dee esinas Sumber Daya Air.

Sementara di ruang rapat Kadis hadir,di antaranya,  Kepala Bidang Teknik, Gumilang,  Kepala Bidang Harbang, Agus Salim dan beberapa Kepala UPTD. Dalam pertemuan yang kmdisampaikan bahwa mulai tahun depan harus jabatan fungsional (JF)  di setiap OPD yang mengurus pengadaan barang/jasa. Sementara Kadis BMPR mengatakan siap untuk memberikan paket pekerjaan bagi perusahaan jasa konstruksi kecil tetapi meminta kejelasan aturan mengenai cara membuat paket-paket pekerjaan yang sesuai krisis TTS penyedia jasa.

Untuk pekerjaan konstruksi padat karya,  menurut Kepala UPTD V,  Uuh Suparman, yang mengikuti secara virtual selama ini paket-paket pekerjaan di UPTD banyak yang sudah dilakukan secara padat karya. Jadi siap untuk mendukung kebijakan tersebut.

Artikel Terkait

Gubernur Mengusulkan, Menteri Mempertimbangkan

dinamika

Pembahasan Materi RDTR dan PZ

dinamika

JTS (Hampir) Jadi PSN, Anggaran Sudah Dialokasikan

dinamika