Image default
Peristiwa

Pilah Sampah, Agar Masalah Jadi Anugerah

Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum menghadiri sekaligus membuka peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2020 Tingkat Provinsi Jabar, Selasa (25/2), di Taman Belakang Gedung Sate, Bandung.

Tema HPSN Tingkat Provinsi Jabar tahun ini adalah “Jabar Juara, Jabar Berseka, Jabar Sejahtera Lahir Batin”. Sementara di tingkat Nasional, HPSN 2020 memiliki tema “Indonesia Bersih, Indonesia Maju, Indonesia Sejahtera”.

“Semoga kegiatan ini mampu menyemangati kembali masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan dan mampu mengurainya menjadi hal yang bermanfaat, tidak selalu mengandalkan pemerintah. Minimal mengurai sampah rumah tangga sendiri,” ungkapnya.

Uu melanjutkan, HPSN 2020 Tingkat Provinsi Jabar adalah salah satu komitmen pemerintah daerah dalam menangani sampah regional. “Harapan kami, pemda kab/kota, desa, hingga RT/RW, semuanya mengikuti (peduli sampah). Jika tingkat provinsi saja tidak diikuti di bawahnya, ini tidak akan ada hasil yang bermanfaat,“ lanjutnya.

Selain itu, Uu menegaskan perlunya kepedulian pada lingkungan dan pengelolaan sampah sebagai bentuk tanggung bersama. “Sampah mau jadi anugerah atau musibah, tergantung bagaimana kita mengelolanya. Harapannya, HSPN tingkat Provinsi Jabar ini mengurangi masalah sampah di Jabar,” ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jabar, Bambang Rianto mengatakan, kepedulian akan lingkungan dan sampah harus jadi prioritas dalam program di Jawa Barat.”Target kami bisa mengurangi volume 30% sampah pada tahun 2025,” jelasnya.

Pada momentum tersebut, dilakukan pencanangan Gerakan Seribu Tumbler, untuk menjaga lingkungan hidup terutama dari sampah plastik di laut serta pelantikan pengurus Bank Sampah Jawa Barat. HSPN sendiri menjadi momen peringatan tragedi longsor gunungan sampah (waste slide) di TPA Leuwigajah Cimahi, 21 Februari 2005 silam yang menelan korban  hingga 150 orang dan menimbun dua desa.

Acara HPSN kali ini turut dihadiri perwakilan OPD di Jawa Barat, termasuk Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (DBMPR) Provinsi Jawa barat yang diwakili Sekretarus Dinas BMPR Asep Supriatna; para pegiat peduli lingkungan, serta pelajar SD – SMP dan SMA di Kota Bandung.(DK)

Artikel Terkait

Kadis BMPR Jawa Barat Tinjau Distribusi Bantuan Provinsi Jawa Barat

dinamika

5 Pesan untuk PPK, Agar Tak Terulang Temuan BPK

dinamika

Ramadhan Melatih Kepemimpinan

dinamika