Image default
Peristiwa

Tinggal MoU untuk Konten Ma’rodh

Pembangunan Mesjid Raya Provinsi Jawa Barat, Al-Jabbar, telah memasuki tahap kedua diantaranya pembuatan interior Ma’rodh (museum). Setelah mendiskusikan terkait rancangan interior museumnya, tim pembangunan pun harus menyiapkan konten Ma’rodh.

Persiapan terkait konten Ma’rodh ini, sejalan dengan adanya Letter of Intent (LoI) kerjasama antara Pemerintah Provinsi Jawa Barat dengan Samaya Investment di tahun 2017. Untuk menindaklanjuti LoI ini, tim dari Pemerintah provinsi Jawa Barat, menyambangi kantor Samaya Investment di Mekkah Almukaromah, Sabtu – Minggu (10-11/10). Kunjungan ini dipimpin Sekretaris Inspektorat, Subandrio Ilham Basuki yang didampingi tim dari Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (DBMPR) Provinsi Jawa Barat, yakni PPTK, Pipin Aripin; PPK Mesjid, Andi Nugraha; PPK Ma’rodh, Suparyo; tim konsultan dan narasumber. Tim ini pun didampingi Konsul Penerangan, Sosial dan Budaya (Pensosbud) Konsulat Jenderal RI (KJRI), Agus Muktamar. Anggota tim diterima oleh CEO Samaya Investment, Mr. Fawwaz.

Pada pertemuan teknis kali ini, Pemerintah Provinsi Jawa barat menunjukkan keseriusannya untuk menjadikan Mesjid Raya Al-Jabbar sebagai tempat ibadah serta pusat budaya Islam. Adapun rencananya, Mesjid Raya Al-Jabbar akan memiliki Ma’rodh dengan beberapa tema, yaitu Ma’rodh Ka’bah, Ma’rodh Al Quran dan Al Hadits; Ma’rodh Asmaul Husna, Ma’rodh nabi Muhammad SAW, serta Ma’rodh Sejarah Islam di Idonesia dan Jawa Barat.

Rencana untuk konten Ma’rodh Mesjid Raya Al-Jabbar dibicarakan dengan Samaya Investment, karena perusahaan ini sudah berpengalaman dalam membangun museum Islam, seperti Museum Ashabee (sahabat nabi) serta berbagai event seperti Festival Okaz di Taif, Al Jouf, Tabuk dan kota-kota lainnya. Samaya Investment pun siap membantu untuk mengisi Ma’rodh Mesjid Raya Al-Jabbar. Selama kunjungan, tim pun mendatangi situs bersejarah, seperti museum dan tempat pembuatan Kiswah untuk masukan dan perbandingan. (sumber: Pipin Aripin)

 

Artikel Terkait

Kadis BMPR Kunjungi Situ Bolang

dinamika

Pemprov Jabar Miliki Sekda Baru

dinamika

Hari Santri Nasional 2019

dinamika