Image default
Garda

UPTD III Gelar Rapat Jembatan Nanjung

Unit Pelayanan Teknis Daerah Wilayah Pelayanan (UPTD Wipel) III Bandung menggelar rapatĀ  yang membahas rencana penyesuaian jembatan Nanjung di aula kantor UPTD Wipel III Bandung, Jumat (8/11).

Rapat dihadiri Kepala Bidang Teknik Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat (DBMPR Jabar), Gumilang ; Kepala UPTD Wipel III Bandung, Aan Heryadi ; Kepala Seksi Pemeliharaan, SUP Kabupaten Bandung, PPK Sungai dan Pantai III, serta SNVT Pelaksanaan Jaringan Sumber Air Citarum.

Jembatan Nanjung merupakan akses penting yang menghubungkan Kota Bandung dengan Kabupaten Bandung. Jembatan ini mesti mengalami penyesuaian sebagai imbas peningkatan kapasitan Sungai Citarum Hulu (terowongan Nanjung – jembatan Dara Ulin) di Kabupaten Bandung.

Berdasarkan laporan detail engineering design (DED) antara yang dilakukan konsultan perencanaan, ada dua opsi trase yang bisa dilakukan untuk menyesuaikan jembatan Nanjung. Opsi trase 1 dilakukan dengan duplikasi dari jembatan eksisting, tetapi masalahnya geometrik jalan tidak ideal, lantaran ada tikungan 90 derajat dengan bentang jembatan 60 meter. Sementara opsi trase 2 lebih ideal, karena sudut tikungan lebih kecil, tetapi bentang jembatan 134,2 meter.

Namun, apa pun pilihannya, dapat dipastikan bahwa pilihan itu merupakan yang terbaik bagi masyarakat. (UPTD Wipel III Bandung)

Artikel Terkait

Pelatihan Pasang Bongkar Jembatan Bailay

dinamika

Optimis dan Realistis di Masa Pandemi

dinamika

Pegawai Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat (DBMPR Jabar)

dinamika